IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA RINTISAN SMA BERTARAF INTERNASIONAL (R SMA BI) PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Nurohmah, Beta Achromi (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA RINTISAN SMA BERTARAF INTERNASIONAL (R SMA BI) PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA RINTISAN SMA BERTARAF INTERNASIONAL.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kimia di Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R SMA BI) Negeri Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Fokus penelitian ini meliputi kesiapan guru kimia, perencanaan, dan pelaksanaan proses pembelajaran kimia termasuk pelaksanaan evaluasi hasil belajar kimia, serta kendala-kendala yang dihadapi oleh guru kimia dalam pembelajaran kimia di R SMA BI Negeri Provinsi DIY. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif evaluatif dengan subjek penelitian adalah sekolah R SMA BI Negeri Provinsi DIY sebanyak 8 sekolah yang ditentukan melalui purposive sampling. Responden penelitian ini adalah guru kimia dengan instrumen yang digunakan berupa lembar kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesiapan guru kimia dalam pembelajaran kimia ditinjau dari kualifikasi professional adalah baik; (2) Kesiapan guru kimia dalam pembelajaran kimia adalah cukup; (3) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kimia dalam kategori baik; (4) Pelaksanaan pembelajaran kimia oleh guru kimia dalam kategori cukup; (5) Pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa oleh guru kimia di R SMA BI Negeri Provinsi DIY adalah dalam kategori baik; (6) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru kimia dalam pelaksanaan pembelajaran kimia adalah: (a) kemampuan berbahasa Inggris; (b) kemampuan menggunakan serta mengaplikasikan TIK dalam pembelajaran; (c) pengelolaan kelas karena siswa kurang aktif; (d) kerjasama antara guru kimia dengan guru kimia dari sekolah lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Apr 2015 02:26
Last Modified: 29 Jan 2019 20:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item