EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2013/2014

Agustyaningrum, Fajri (2014) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FAJRI AGUSTYANINGRUM_PE_10404241044.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) keefektifan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan sikap percaya diri peserta didik; (2) keefektifan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik; (3) perbedaan sikap percaya diri peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange dan yang menggunakan pembelajaran konvensional; (4) perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Sedayu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent sampel T-Test dan Paired T-Test.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran rotating trio exchange efektif untuk meningkatkan sikap percaya diri peserta didik yaitu terjadi peningkatan sebanyak 10.69%; (2) strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange efektif untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik yaitu terjadi peningkatan sebanyak 71.45%; (3) percaya diri peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange lebih tinggi dari peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional; (4) prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Rotating Trio Exchange, Sikap Percaya Diri, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15111

Actions (login required)

View Item View Item