PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK UNSUR DENGAN ANIMASI INTERAKTIF BERBAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI

. Asbanu, Govira Ch. (2010) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK UNSUR DENGAN ANIMASI INTERAKTIF BERBAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK UNSUR DENGAN ANIMASI INTERAKTIF BERBAHASA INGGRIS.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia Tabel Periodik Unsur dengan animasi interaktif berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran mandiri dan menentukan kualitas media berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA. Pengembangan media pembelajaran ini dibimbing oleh dosen pembimbing dan mendapat masukan dari ahli media dan peer reviewer. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari beberapa aspek dan kriteria tertentu. Prosedur kerja pembuatan media terdiri atas 3 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Penilaian media pembelajaran kimia ini dilakukan oleh lima guru kimia SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen penelitian terdiri dari 5 aspek dengan 20 indikator. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif. Selanjutnya data kuantitatif ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan standar kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran kimia Tabel Periodik Unsur dengan animasi interaktif berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran mandiri. Berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA, media pembelajaran ini mempunyai skor rata-rata 85,4 dengan kualitas sangat baik dan persentase keidealan 85,4%. Dengan demikian, media pembelajaran kimia Tabel Periodik Unsur dengan animasi interaktif berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran mandiri layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri siswa SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 01 Apr 2015 06:53
Last Modified: 29 Jan 2019 20:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15044

Actions (login required)

View Item View Item