META ANALISIS TERHADAP PENGARUH PEMBELAJARAN PENDEKATAN TAKTIK (TGfU) TERHADAP PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF SISWA DALAM PENDIDIKAN JASMANI

Ahmad Rithaudin, M.Or. (2010) META ANALISIS TERHADAP PENGARUH PEMBELAJARAN PENDEKATAN TAKTIK (TGfU) TERHADAP PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF SISWA DALAM PENDIDIKAN JASMANI. [Experiment/Research]

[img] Text
05_Ahmad_Rithaudin.doc

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara khusus hasil-hasil penelitian tentang pengaruh pembelajaran pendekatan taktik (TGfU) terhadap aspek kognitif siswa dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini akan menggunakan metode meta-analisis. Meta analisis merupakan kajian atas sejumlah hasil penelitian dalam masalah yang sejenis. Unit analisis dalam penelitian adalah dokumen-dokumen tertulis tentang penelitian Pembelajaran Pendekatan Taktik (TGfU) yang berupa artikel jurnal dan laporan penelitian yang diambil secara Purposive berdasarkan kesesuaiannya dengan tema penelitian. Instrumen utama penelitian ini ada peneliti sendiri dibantu dengan panduan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan prosentase dan analisis data kualitatif untuk data-data hasil kajian naratif terhadap penelitian-penelitian yang ditemui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Jasmani yang dikemas dalam aktivitas pembelajaran TGFU (teaching games for understanding) atau pembelajaran taktik secara kognitif berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa, kemampuan pengambilan keputusan, serta transfer dalam sebuah permainan.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Olahraga
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 04 Jul 2012 01:22
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item