PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI

PRIYONO, UDIN (2011) PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan majalah kimia untuk peserta didik SMA/MA kelas XI yang sesuai dengan Standar Isi dan kriteria sebagai sumber belajar mandiri dan menentukan kualitas majalah kimia berdasarkan penilaian oleh 5 guru kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model prosedural. Prosedur pengembangan majalah kimia terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Produk awal majalah ditinjau oleh 3 orang peer reviewer (teman sejawat), 1 ahli materi dan pembelajaran, dan 1 ahli media. Majalah hasil revisi dinilai oleh 5 guru kimia SMA/MA selaku reviewer. Penilaian kualitas majalah menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang mencakup 5 komponen yaitu 1) kelayakan materi, 2) kelayakan penyajian, 3) kebahasaaan dan gambar, 4) isi majalah, dan 5) penampilan majalah. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas majalah kimia. Hasil penelitian pengembangan ini adalah prosedur pengembangan majalah kimia dan kualitas majalah kimia. Prosedur pengembangan majalah kimia meliputi tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Berdasarkan penilaian reviewer, produk majalah kimia mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 172,4 dan persentase keidealan sebesar 90,74%. Majalah kimia ini layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri. Kata kunci: majalah kimia, penelitian pengembangan, sumber belajar mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 01 Apr 2015 03:22
Last Modified: 29 Jan 2019 20:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14984

Actions (login required)

View Item View Item