PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KENARAN 2 PRAMBANAN

Prani, Astaga (2015) PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KENARAN 2 PRAMBANAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SD N Kenaran 2 Prambanan menggunakan metode diskusi kelompok pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, dimana setiap pertemuan 2 x 35 menit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kenaran 2 dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgment. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes kecerdasan interpersonal yang berupa skor rerata. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SD Negeri Kenaran 2 Prambanan meningkat setelah digunakannya metode diskusi kelompok dalam pembelajaran IPS. Hal ini terbukti dari perolehan skor rerata dan pencapaian keberhasilan siswa. Pada pratindakan diperoleh skor rerata kecerdasan interpersonal sebesar 56.63 dengan pencapaian keberhasilan 36.84%, siklus I skor rerata kecerdasan interpersonal sebesar 62.63 dengan pecapaian keberhasilan 63.165 dan pada siklus II skor rerata kecerdasan interpersonal sebesar 66.11 dengan pencapaian keberhasilan 84.21%. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu siswa berani mengutarakan pendapatnya, berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, menghargai pendapat orang lain, dan berani berbicara di depan kelas. Kata kunci : Kecerdasan Interpersonal Siswa, Metode Diskusi Kelompok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 19:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14828

Actions (login required)

View Item View Item