PENGARUH KONSENTRASI PERENDAM DAN LAMA PERENDAMAN DALAM NaHCO3 TERHADAP KADAR PROTEIN DAN TOTAL PADATAN PADA PEMBUATAN SUSU KARA BENGUK ( Mucuna pruriens L)

Ambarsari, - (2011) PENGARUH KONSENTRASI PERENDAM DAN LAMA PERENDAMAN DALAM NaHCO3 TERHADAP KADAR PROTEIN DAN TOTAL PADATAN PADA PEMBUATAN SUSU KARA BENGUK ( Mucuna pruriens L). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH KONSENTRASI PERENDAM DAN LAMA PERENDAMAN DALAM NaHCO3 TERHADAP KADAR PROTEIN DAN TOTAL PADATAN PADA PEMBUATAN SUSU KARA BENGUK.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi perendam dan lama perendaman dalam NaHCO3 terhadap kadar protein dan total padatan pada pembuatan susu kara benguk. Subjek penelitian adalah susu kara benguk dan objek penelitian adalah kadar protein dan total padatan dalam susu kara benguk. Bahan perendam yang digunakan adalah NaHCO3 dengan variasi konsentrasi 0%, 1%, 3% dan 5% dan variasi lama perendaman yang digunakan adalah 0 jam, 6 jam, 12 jam dan 18 jam. Pengolahan kara benguk menjadi susu dengan proses perendaman, perebusan, penggilingan, penyaringan dan pemanasan. Analisis kualitatif protein dilakukan dengan uji Biuret, sedangkan penentuan kadar protein secara kuantitatif menggunakan metode Lowry dengan larutan standar kasein. Penentuan total padatan susu kara benguk menggunakan uji total padatan. Pengaruh konsentrasi dan lama perendaman ini diuji secara statistik menggunakan ANAVA–AB dan dilanjutkan dengan uji DMRT dan uji interaksi untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan dan adanya interaksi. Hasil penelitian menunjukan variasi konsentrasi NaHCO3 berpengaruh terhadap kadar protein dan total padatan dalam susu kara benguk yang dihasilkan, konsentrasi optimum pada konsentrasi NaHCO3 5%.Variasi lama perendaman NaHCO3 berpengaruh terhadap kadar protein dan total padatan dalam susu kara benguk yang dihasilkan, perendaman optimum pada perendaman 6 jam Hasil perhitungan menggunakan statistik ANAVA–AB, uji DMRT dan uji interaksi untuk kadar protein dan total padatan, hampir semua perlakuan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dan adanya interaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 06:36
Last Modified: 31 Mar 2015 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14771

Actions (login required)

View Item View Item