Pengembangan Buku Petunjuk Eksperimen Kimia SMA/MA Kelas X Semester1 Berdasarkan Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA

Setyowati, Sinta Dewi (2007) Pengembangan Buku Petunjuk Eksperimen Kimia SMA/MA Kelas X Semester1 Berdasarkan Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Pengembangan Buku Petunjuk Eksperimen Kimia SMA.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan buku petunjuk eksperimen kimia SMA/MA untuk kelas X semester 1 dan mengetahui kualitas buku petunjuk eksperimen kimia tersebut berdasarkan penilaian reviewer, yaitu lima orang guru kimia SMA/MA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pengembangan dimulai dengan mengumpulkan referensi tentang kegiatan eksperimen yang sesuai dengan materi pembelajaran kimia kelas X semester 1, membuat rancangan buku petunjuk eksperimen, kemudian membuat buku petunjuk eksperimen kimia. Buku petunjuk eksperimen kimia yang telah dibuat dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, peer review, dan ahli media. Masukan yang diberikan digunakan untuk merevisi buku petunjuk eksperimen kimia. Langkah selanjutnya adalah menilai kualitas buku petunjuk eksperimen kimia. Penilaian ini dilakukan oleh reviewer terhadap komponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah Buku Petunjuk Eksperimen Kimia SMA/MA Untuk Kelas X Semester 1 Berdasarkan Standar Isi Mata Pelajaran Kimia. Kualitas buku petunjuk eksperimen kimia didasarkan pada penilaian lima orang guru kimia SMA/MA, kemudian dibandingkan dengan skor ideal (Mi + 1,5 SBi). Masing-masing komponen memiliki kualitas sangat baik (SB). Rerata skor total yang diperoleh adalah 112,8. Nilai ini lebih besar dari skor ideal sebesar 97,5, sehingga kualitas buku petunjuk eksperimen kimia secara keseluruhan adalah sangat baik (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 05:24
Last Modified: 31 Mar 2015 05:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14740

Actions (login required)

View Item View Item