ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DALAM EKSTRAK METANOL DARI TUMBUHAN MENIRAN (Phyllanthus niruri Linn)

AMALIA, FITRI (2011) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DALAM EKSTRAK METANOL DARI TUMBUHAN MENIRAN (Phyllanthus niruri Linn). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DALAM EKSTRAK METANOL DARI TUMBUHAN MENIRAN.docx

Download (12kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisolasi dan mengidentifiksasi senyawa metabolit sekunder dalam ekstrak metanol fraksi kloroform dari Tumbuhan Meniran (Phyllathus niruri Linn). Isolasi dilakukan dengan cara maserasi menggunakan pelarut metanol selama 24 jam dengan 3 kali pengulangan. Ekstrak metanol dipartisi dengan pelarut n-heksana dilanjutkan dengan kloroform. Fraksi kloroform dievaporasi yang selanjutnya dipisahkan dan dimurnikan menggunakan Kromatografi Vakum Cair (KVC), dan dilanjutkan dengan Kromatografi Kolom Gravitasi (KKG). Uji kemurnian dilakukan dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT). Senyawa hasil isolasi yang diperoleh kemudian dianalisis dengan spektroskopi UV-Vis, IR, 1H-NMR dan 13C-NMR. Hasil analisis dengan Spektra UV-Vis dari fraksi F3 (11-39)A memberikan serapan dengan panjang gelombang maksimum pada 215 nm. Spektra IR menunjukkan adanya gugus C=C dan gugus OH. Spektra 1H-NMR menunjukkan adanya proton alifatik pada daerah pergeseran kimia (δ) = 0-5 ppm dan spektra 13C-NMR menunjukkan adanya C alifatik, C-O alifatik dan C-OH. Hasil analisis untuk fraksi F3 (11-39)B dengan Spektra UV-Vis memberikan serapan dengan panjang gelombang maksimum pada 215,20 nm dan spektra IR menunjukkan adanya gugus C-H alifatik, C=O dan C-O. Berdasarkan analisis data spectrofotometer UV-Vis, spektrometer IR, spektrometer 1H-NMR dan spektrometer 13C-NMR dapat disimpulkan bahwa senyawa F3 (11-39)A dalam fraksi kloroform termasuk golongan alkohol asam, sedangkan senyawa F3 (11-39)B dalam fraksi kloroform termasuk golongan ester alifatik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:31
Last Modified: 29 Jan 2019 19:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14727

Actions (login required)

View Item View Item