PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERDASARKAN STANDAR ISI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GENAP

Nilansari, Hapi (2011) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERDASARKAN STANDAR ISI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GENAP. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERDASARKAN STANDAR ISI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menyusun dan mengembangkan media pembelajaran komik kimia materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit berdasarkan standar isi sebagai media pembelajaran mandiri siswa SMA/ MA kelas X semester genap dan menilai kualitas media pembelajaran komik kimia yang dikembangkan melalui penilaian oleh reviewer. Media komik kimia materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit ditinjau oleh ahli media dan peer reviewer. Instrumen penelitian media komik kimia berupa angket berisi 9 kriteria dan 33 indikator. Penilaian dilakukan oleh 4 orang guru kimia SMA di Kabupaten Bantul dan 1 orang guru kimia di Kabupaten Sleman. Hasil penelitian berupa data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media komik kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Produk penelitian yang diperoleh berupa media komik kimia Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit berdasarkan standar isi sebagai media pembelajaran mandiri siswa SMA/ MA kelas X semester genap. Berdasarkan penilaian guru kimia SMA, media komik kimia Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit yang telah disusun mempunyai kualitas baik (B) dengan skor rata-rata 130,4 dan persentase keidealan sebesar 79,03%. Oleh karena itu, media komik kimia Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa mempelajari kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:24
Last Modified: 29 Jan 2019 19:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14725

Actions (login required)

View Item View Item