UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY DI KELAS VII A SMP N 1 BANTUL

Cici, Tri Wanita (2010) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY DI KELAS VII A SMP N 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak_Cici_Tri_Wanita.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay – two stray di kelas VII A SMP N 1 Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 1 Bantul yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaranmatematika pada materi line and angle (garis dan sudut) dengan penerapan pendekatan realistik melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay – two stray. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran, student worksheet, tes siklus I dan II serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan realistik melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay - two stray yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VII A SMP Negeri 1 Bantul adalah yang sesuai dengan lima karakteristik pendekatan realistik berikut: (1) pengeksplorasian fenomena kehidupan, (2) penggunaan model dan simbol untuk mempermudah proses matematisasi, (3)pengkonstruksian konsep oleh siswa, (4) interaksi yang mengkaji materi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay – two stray dan (5) keterkaitan antar materi pembelajaran atau dengan bidang ilmu lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase rata-rata pemahaman konsep siswa dari siklus I sebesar 77.37% menjadi sebesar 84.18% pada siklus II dan berdasarkan pedoman kualifikasi termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor Pendidikan Matematika
Date Deposited: 03 Jul 2012 08:05
Last Modified: 03 Jul 2012 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1470

Actions (login required)

View Item View Item