PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERBAHASA INGGRIS UNTUK SMA PROGRAM IPA BERTARAF INTERNASIONAL

Kurniasari, Nila (2011) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERBAHASA INGGRIS UNTUK SMA PROGRAM IPA BERTARAF INTERNASIONAL. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERBAHASA INGGRIS.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku pengayaan dan mengetahui kualitas Buku Pengayaan Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbahasa Inggris untuk SMA Program IPA Bertaraf Internasional yang dinilai oleh enam guru kimia SMA RSBI. Penyusunan buku pengayaan ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media dan peer reviewer. Kualitas buku pengayaan dinilai oleh enam reviewer dengan mengisi instrumen penilaian pengayaan berupa angket yang berisi tiga komponen, yaitu: komponen kelayakan materi/isi, komponen penyajian, komponen bahasa dan gambar. Hasil penilaian berupa data kuantitatif yang kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan pedoman kualitas buku pengayaan. Produk penelitian ini berupa Buku Pengayaan Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbahasa Inggris untuk SMA Program IPA Bertaraf Internasional. Buku pengayaan ini teridiri atas 5 bab, yaitu: Solution, Electrolyte and Nonelectrolyte Solutions, Chemical Bond, Colligative Properties of Solution and Application of Electrolyte and Nonelectrolyte Solutions. Berdasarkan penilaian enam guru kimia SMA RSBI, buku pengayaan yang telah disusun memperoleh kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 4,19. Oleh karena itu, buku pengayaan ini dapat digunakan sebagai buku pengayaan untuk memperkaya materi larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk siswa RSBI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 02:46
Last Modified: 29 Jan 2019 19:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14677

Actions (login required)

View Item View Item