PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGICAL/MATHEMATICAL PADA PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED BERBASIS KECERDASAN JAMAK DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SALMAN AL FARISI II YOGYAKARTA (Studi Eksplorasi)

Caturiyati, S.Si., M.Si. (2007) PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGICAL/MATHEMATICAL PADA PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED BERBASIS KECERDASAN JAMAK DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SALMAN AL FARISI II YOGYAKARTA (Studi Eksplorasi). [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Caturiyati.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Salah satu kecerdasan anak adalah kecerdasan logical/mathematical. Kecerdasan logical/mathematical anak sebagai salah satu komponen kecerdasan jamak yang penting bagi masa depan anak perlu untuk dikembangkan sejak usia dini. Kecerdasan logical/mathematical seorang anak diantaranya meliputi kemampuan berpikir secara induktif dan deduktif, pola-pola abstrak, angka dan bilangan, serta berpikir ilmiah. Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran yang memadukan secara sistematis dan holistik upaya-upaya pengembangan rumpun-rumpun pengembangan anak usia dini. Salah satu model pembelajaran terpadu, yaitu model webbed adalah suatu model pembelajaran yang memadukan pembelajaran dan pengembangan anak dalam suatu tema yang dapat memayungi beberapa bidang studi. TKIT Salman Al Farisi 2 adalah salah satu TK yang menerapkan pembelajaran terpadu model webbed ini. Sebab pembelajaran pada TKIT Salman Al Farisi 2 terfokus pada kelas-kelas sentra, selain itu TKIT Salman Al Farisi 2 juga menerapkan pembelajaran bertema dimana tema-tema tersebut menjadi panduan bagi kelas-kelas sentra untuk melaksanakan pembelajaran. Perlu kiranya untuk mengetahui sejauh mana TKIT Salman Al Farisi 2 dengan pembelajaran terpadu model webbednya dapat mengoptimalkan pengembangan kecerdasan logical/mathematical anak usia dini. Seperti apa saja upaya yang dapat dan telah dilakukan oleh TKIT Salman Al Farisi untuk mengembangkan kecerdasan logical/mathematical anak usia dini, adakah kendala-kendala yang dihadapi, serta usaha-usaha apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian eksplorasi pada pembelajaran terpadu model webbed berbasis kecerdasan jamak yang diselenggarakan oleh TKIT Salman AL Farisi 2 menunjukan bahwa upaya-upaya untuk mengembangkan kecerdasan logical/mathematical anak telah dilakukan. Upaya pengembangan tersebut juga menghadapi berbagai kendala, terutama kendala dari diri siswa serta kendala sarana pendukung. Namun berbagai usaha juga telah dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang ada, agar pembelajaran yang diselenggarakan dapat mengoptimalkan pengembangan berbagai kecerdasan anak, termasuk pengembangan kecerdasan logical/mathematicalnya. FMIPA, 2007 (PEND. MATEMATIKA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 03 Jul 2012 07:52
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item