EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PAKEM TAHUN AJARAN 2010/2011

PRASETYO, HENDRO (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PAKEM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak.rtf

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas penerapan model pembelajaran tutor sebaya terhadap peningkatan aktivitas belajar kimia peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2010/2011, (2) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2010/2011, yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran tutor sebaya dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran tutor sebaya, jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Pakem Sleman tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 144 peserta didik yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 72 peserta didik terbagi dalam dua kelas yaitu kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tutor sebaya (A2) dan kelas kontrol (A1) yang pembelajarannya tidak menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova), analisis regresi, dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar kimia peserta didik pada kelas eksperimen. Ada perbedaan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar kimia antara peserta didik yang pembelajarannya dengan model pembelajaran Tutor Sebaya dengan peserta didik yang pembelajarannya tidak menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dengan harga p = 0,000(p < 0,050). Dimana ada korelasi/hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan awal kimia peserta didik dengan prestasi belajar kimia peserta didik dengan harga p = 0,000 (p < 0,050), sedangkan besarnya sumbangan efektif pengetahuan awal kimia peserta didik sebesar 20,1 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:34
Last Modified: 29 Jan 2019 19:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14632

Actions (login required)

View Item View Item