PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED ASSESSMENT) PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR KIMIA SERTA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KALASAN

Syifaah, Hasna (2011) PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED ASSESSMENT) PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR KIMIA SERTA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS PROYEK.docx

Download (13kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian penerapan penilaian berbasis proyek (project based-assessment) pada pembelajaran struktur atom. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya peningkatan motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan penerapan penilaian berbasis proyek, (2) ada tidaknya perbedaan antara motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan penilaian proyek dengan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa penerapan penilaian proyek, (3) profil kemampuan berpikir kritis peserta didik, (4), mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan penilaian berbasis proyek dengan peserta didik yang mengikui pembelajaran tanpa penerapan penilaian berbasis proyek, (5) ketuntasan belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan penilaian berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasinya adalah peserta didik kelas XI IPA semester 1 SMA Negeri 1 Kalasan tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini adalah 63 peserta didik. Sampel penelitian terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen (A1) sebanyak 32 peserta didik dan kelas kontrol (A2) sebanyak 31 peserta didik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis anakova, analisis regresi, uji t sama subjek, uji t beda beda subjek, dan analisis deskriptif Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan penerapan penilaian berbasis proyek, (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan penilaian berbasis proyek dan pembelajaran tanpa penerapan penilaian berbasis proyek, (3) 56,75% peserta didik yang menerapkan penilaian berbasis proyek memiliki kemampuan berpikir kritis dalam kategori baik, (4) tidak ada perbedaan prestasi belajar pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan penilaian berbasis proyek dengan yang mengikuti pembelajaran tanpa penerapan penilaian berbasis proyek, (5) ketuntasan belajar peserta didik yang menerapkan penilaian berbasis proyek mencapai 90,675%

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:30
Last Modified: 29 Jan 2019 19:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14627

Actions (login required)

View Item View Item