ANALISIS KEMAMPUAN INVESTIGASI PESERTA DIDIK PADA PRAKTIKUM KIMIA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA KELAS XI IPA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Ansory, Hery Muhamad (2011) ANALISIS KEMAMPUAN INVESTIGASI PESERTA DIDIK PADA PRAKTIKUM KIMIA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA KELAS XI IPA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
10 abstrak.docx

Download (18kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) persentase kemampuan investigasi peserta didik kelas XI IPA pada praktikum kimia di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (2) kategori kemampuan investigasi masing-masing peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam praktikum kimia, (3) persentase kemampuan investigasi peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam praktikum kimia dalam setiap kategori kemampuan investigasi dan (4) sebaran kemampuan investigasi peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam praktikum kimia dalam setiap kategori kemampuan investigasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan satu sampel. Tidak ada kelompok pembanding dalam penelitian ini sehingga variabel yang digunakan adalah variabel bebas (independent variable). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas dari 4 kelas XI IPA yang ada di SMA muhammadiyah 3 Yogyakarta secara purposive cluster sampling. Secara keseluruhan persentase kemampuan investigasi peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam praktikum kimia adalah 61,72 %. Berdasarkan persentase kemampuan investigasi peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam praktikum kimia dapat dikategorikan dalam kategori baik. Persentase kemampuan investigasi peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam praktikum kimia dalam setiap kategori kemampuan investigasi adalah : (1) Keterampilan Berkomunikasi sebesar 64,82 % (3) Keterampilan Observasi sebesar 59,40 %, (2) Keterampilan Menganalisis sebesar 65,32 % dan (4) Keterampilan Proses Sains sebesar 56,53 %, sehingga sebagian besar peserta didik menguasai setiap kategori kemampuan investigasi. Kata Kunci : Kemampuan Investigasi, Praktikum Kimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 19:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14617

Actions (login required)

View Item View Item