PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN MEDIA REAL OBJECT DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PATCHWORK DI MTs MUHAMMADIYAH PEPE BANTUL

Ratri Wahyu , Rini (2012) PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN MEDIA REAL OBJECT DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PATCHWORK DI MTs MUHAMMADIYAH PEPE BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran: 1) pembelajaran langsung menggunakan media real object dalam pembelajaran patchwork di MTs Muhammadiyah Pepe Bantul, 2) pencapaian kompetensi siswa pada pembelajaran langsung menggunakan media real object dalam pembelajaran patchwork di MTs Muhammadiyah Pepe Bantul, 3) pendapat siswa tentang pembelajaran langsung menggunakan media real object dalam pembelajaran patchwork di MTs Muhammadiyah Pepe Bantul. Penelitian ini tergolong penelitian survei dengan pendekatan deskriptif. Variabel penelitian ini adalah pembelajaran langsung menggunakan media real object dan pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran patchwork. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Pepe Bantul tahun akademik 2011-2012 yang sedang memperoleh pelajaran keterampilan sebanyak 13 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes unjuk kerja dan angket. Jenis validitas dalam penelitian ini merupakan validitas konstruk, uji validitasnya menggunakan judgment expert, dan reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach untuk lembar observasi dan angket sedangkan antar-rater untuk penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut: 1) pembelajaran langsung menggunakan media real object dalam pembelajaran patchwork dilaksanakan sesuai dengan tahap-tahap pembelajaran langsung dengan langkah -langkah sebagai berikut: guru membuka pelajaran, kegiatan inti, dan menutup pelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran. 2) Pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran langsung menggunakan media real object dalam pembelajaran patchwork adalah sebagai berikut: ada 13 siswa (100%) tergolong pada kategori tuntas ( ≥ 7.00). 3) Menurut pendapat siswa pembelajaran langsung menggunakan media real object dalam pembelajaran patchwork sebanyak 3 siswa (23,08%) tergolong pada kategori sangat tertarik, 7 siswa (53,85%) tergolong pada kategori tertarik, 2 siswa (15,38%) tergolong pada kategori cukup tertarik, dan 1 siswa (7,69%) tergolong pada kategori tidak tertarik mengikuti pembelajaran langsung menggunakan media real object dalam pembelajaran patchwork.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Manufaktur
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2012 07:30
Last Modified: 29 Jan 2019 14:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1455

Actions (login required)

View Item View Item