EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2013/2014

Nugroho, Martian (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Martian Nugroho.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran treffinger dan peserta didik yang menggunakan model konvensional; (2) perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran treffinger dan peserta didik yang menggunakan model konvensional; (3) efektivitas model pembelajaran treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik; dan (4) efektivitas model pembelajaran treffinger untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan model nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas, kelas X D sebagai kelas eksperimen dan X F sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisa hipotesis yang digunakan adalah Independent t-test, Mann Whitney test dan Uji Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran treffinger dan peserta didik yang menggunakan model konvensional; (2) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran treffinger dan peserta didik yang menggunakan model konvensional; (3) model pembelajaran treffinger efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik; dan (4) model pembelajaran treffinger efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran treffinger, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 07 Apr 2015 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 19:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14478

Actions (login required)

View Item View Item