IDENTIFIKASI HAMBATAN DALAM PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU KELAS IV SEKOLAH DASAR DI GUGUS VI UPTD KECAMATAN PONJONG

Irfan Dwi, Nugroho (2015) IDENTIFIKASI HAMBATAN DALAM PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU KELAS IV SEKOLAH DASAR DI GUGUS VI UPTD KECAMATAN PONJONG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan dalam penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guru kelas IV SD di gugus VI UPTD Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian adalah guru kelas IV di gugus VI pada tahun ajaran 2014/2015. Setting penelitian mengambil tempat di gugus VI UPTD kecamatan Ponjong dengan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan model Interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap guru kelas IV di gugus VI UPTD kecamatan Ponjong mendukung terhadap penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran. Ketersediaan media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di gugus VI masih terbatas belum memenuhi perbandingan dengan jumlah peserta didik yang ada. Pada tahap pemanfaatan media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), guru belum optimal dalam memanfaatkan media yang ada. Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi guru sekolah dasar belum merata untuk semua guru kelas IV di gugus VI UPTD kecamatan Ponjong. Hambatan penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guru kelas IV di gugus VI berupa: (1) faktor usia guru, (2) motivasi dan sikap guru, (3) ketersediaan media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), (4) kondisi geografis sekolah, dan (5) belum memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan. Kata kunci: hambatan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:47
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item