PROYEKSI KEBUTUHAN GURU KELAS PNS DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN PERIODE TAHUN 2015-2019

Tiah, Tati Lestari (2015) PROYEKSI KEBUTUHAN GURU KELAS PNS DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN PERIODE TAHUN 2015-2019. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
tiah tati lestari_10101244015.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru kelas pada tahun 2015-2019 di SD negeri Kecamatan Depok Kabupaten Sleman yang dihitung berdasarkan jumlah rombel dan data guru PNS yang akan memasuki usia pensiun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Unit analisis pada penelitian ini adalah UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman dan BKD Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan proyeksi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kebutuhan guru kelas PNS di SD negeri Kecamatan Depok pada tahun 2014 adalah sebanyak 88 guru. (2) Hasil proyeksi guru kelas PNS pada tahun 2015-2019 berdasarkan jumlah rombel dan data guru PNS yang akan memasuki usia pensiun adalah sebanyak 88 guru. Dari 88 guru tersebut dengan sebaran pada tahun 2015 membutuhkan 16 guru, tahun 2016 membutuhkan 11 guru, tahun 2017 membutuhkan 20 guru, tahun 2018 membutuhkan 21 guru dan tahun 2019 membutuhkan 20 guru. (3) Hasil analisis kualifikasi akademik adalah dari 299 guru kelas yang ada terdapat sebanyak 180 guru (60%) yang sudah memenuhi kualifikasi akademik S-1 dan 1 guru diantaranya merupakan lulusan S-2, sisanya yaitu sebanyak 119 guru (40%) belum memenuhi kualifikasi akademik S-1 dengan rincian 25 guru (8,4) merupakan tamatan DIII, 75 guru (25%) merupakan tamatan DII dan 19 guru (9,3%) merupakan tamatan SMA. Dari 299 guru kelas, sebanyak 165 guru (55%) yang sudah sertifikasi dan 134 guru (45%) belum sertifikasi. Dilihat dari relevansi latar belakang pendidikan guru terhadap bidang tugas yang diampu sebagai guru kelas, dari 165 guru kelas yang sudah sertifikasi sebanyak 100 guru (61%) termasuk dalam kategori relevan/linier yaitu lulusan S-1 PGSD, sebanyak 27 guru (16%) termasuk dalam kategori kurang relevan serumpun mengajar pada salah satu 5 bidang studi pokok yang ada pada SD yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PPKN, sebanyak 34 guru (21%) termasuk dalam kategori tidak relevan/tidak linier yaitu di luar S-1 PGSD dan 5 mapel pokok SD, dan sebanyak 4 guru (2%) tidak diketahui keterangan pada kolom tamatan pendidikan. Kata kunci: proyeksi kebutuhan guru kelas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 19:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item