IMPLEMENTASI PROGRAM LARASITA OLEH BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN SLEMAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Adianto, Aan (2014) IMPLEMENTASI PROGRAM LARASITA OLEH BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN SLEMAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI084171014 Aan Adianto.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman dan gambaran yang jelas, lengkap serta mendalam berkaitan dengan implementasi program LARASITA sebagai upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Pimpinan dan Pegawai Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sleman yang memberikan pelayanan melalui program LARASITA serta masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data serta mengambil kesimpulan dan verifikasi. Penilaian implementasi program LARASITA sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik ini menggunakan enam indikator, yaitu standar dan sasaran kebijakan, suber daya, komunikasi, karakteristik organisasi, kondisi sosial, ekonomi, dan politik, dan kecenderungan pelaksana. Berdasarkan enam indikator tersebut maka dapat disimpulkan bahwa program LARASITA tersebut sudah berjalan dengan baik, walau masih ada sadikit kekurangan akan tetapi untuk sebagian besar aspek yang diteliti dapat dikatakan cukup baik. Pelaksanaan pelayanan persertifikasian tanah melalui LARASITA sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2009 tentang LARASITA BPN RI. Adapun sasaran atau terget dari program LARASITA ini adalah memudahkan masyarakat dalam pengurusan tanah, terutama untuk masyarakat yang terkendala jarak yang cukup jauh dari kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sleman. Kata kunci : Implementasi, Program LARASITA, Kualitas Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 03:06
Last Modified: 29 Jan 2019 19:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14272

Actions (login required)

View Item View Item