Pengaruh Motivasi Belajar, Strategi Pembelajaran Menurut Persepsi Siswa dan Kompetensi Guru Menurut Persepsi Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo

Ismail, Nurain rahim (2015) Pengaruh Motivasi Belajar, Strategi Pembelajaran Menurut Persepsi Siswa dan Kompetensi Guru Menurut Persepsi Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurain-rahim-ismail-12706251051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh motivasi belajar (X1), strategi pembelajaran menurut persepsi siswa (X2) dan kompetensi guru menurut persepsi siswa (X3) terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah populasi sebesar 1737 siswa SMP kelas VIII di Kabupaten Gorontalo. Besar sampel yang dipilih sebanyak 315 siswa dengan menggunakan rumus perhitungan sampel menurut Isaac & Michael. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket 1 digunakan untuk menjaring data variabel motivasi belajar, angket 2 digunakan untuk menjaring data variabel strategi pembelajaran dan angket 3 digunakan untuk menjaring data variabel kompetensi guru. Penelitian dilakukan sejak bulan Mei-Juni 2014. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo dengan hasil tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. (2) ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo dengan hasil tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. (3) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru menurut persepsi siswa terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo dengan hasil tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. dan (4) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar, strategi pembelajaran menurut persepsi siswa dan kompetensi guru menurut persepsi siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo sebesar 0,000 dengan Fhitung = 117,58 lebih besar dari Ftabel = 2,71 dan p = 0,000. p lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar, strategi pembelajaran menurut persepsi siswa dan kompetensi guru menurut persepsi siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, strategi pembelajaran, kompetensi guru, prestasi belajar
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:47
Last Modified: 10 Nov 2022 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14238

Actions (login required)

View Item View Item