Tirza, Topan (2013) HUBUNGAN ANTARA MINAT MENJADI GURU SEJARAH DAN SIKAP TERHADAP PELAJARAN SEJARAH DENGAN PEMAHAMAN KOMPETENSI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH ANGKATAN 2009 FIS UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. Halaman Depan.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara minat menjadi guru sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY; (2) hubungan antara sikap terhadap pelajaran sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY; (3) hubungan antara minat menjadi guru sejarah dan sikap terhadap pelajaran sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi menggunakan subjek penelitian mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY berjumlah 108 mahasiswa dan diambil sampel sejumlah 60 mahasiswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 responden. Pengumpulan data minat menjadi guru sejarah, sikap terhadap pelajaran sejarah, dan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY dengan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis korelasi sederhana dan teknik analisis korelasi ganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan minat menjadi guru sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY yang ditunjukkan dengan nilai rx1y 0,535; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan sikap terhadap pelajaran sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY yang ditunjukkan dengan nilai rx1y (0,439) ; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan minat menjadi guru sejarah dan sikap terhadap pelajaran sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY yang ditunjukkan dengan nilai r(1,2,) 0,551. Kata Kunci : Minat, Sikap, Pelajaran Sejarah, Pemahaman Kompetensi Akademik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan Tinggi Pendidikan > Aspek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 26 Mar 2015 04:52 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |