EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 1 SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Filinoristi, Winny (2014) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 1 SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10303241035]Winny Filinoristi.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips pada mata pelajaran kimia. Efektivitas dapat dilihat dari ada tidaknya perbedaan yang signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dengan peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Rancangan penelitian adalah satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah populasi sebanyak 576 peserta didik yang terbagi dalam delapan belas kelas. Sampel penelitian menggunakan dua kelas yang diambil secara purposive sampling. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dan satu kelas yang lain digunakan sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal, data motivasi belajar kimia, dan data prestasi belajar kimia. Analisis data menggunakan uji-t, uji anakova satu jalur, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen antara sebelum dengan sesudah pembelajaran, (2) ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik kelas eksperimen dengan peserta didik kelas kontrol, (3) ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips, (4) model pembelajaran kooperatif tipe talking chips efektif terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Mar 2015 05:56
Last Modified: 29 Jan 2019 19:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14214

Actions (login required)

View Item View Item