UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH KELAS VIII A SMP NEGERI 3 NGAGLIK

Putra, Yhan Dharma (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH KELAS VIII A SMP NEGERI 3 NGAGLIK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Yhan Dharma Putra (08416241023).swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII A di SMP Negeri 3 Ngaglik masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya metode pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran aktif Index Card Match di kelas VIII A SMP Negeri 3 Ngaglik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Ngaglik sebanyak 32 orang. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila persentase tiap indikator aktivitas dan hasil belajar siswa mencapai persentase di atas 75% dan apabila 75% dari siswa kelas VIII A memiliki nilai KKM 73 pada mata pelajaran IPS. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 3 Ngaglik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada tiap siklusnya. Pada siklus I persentase indikator aktivitas siswa sebesar 68,75%, kemudian pada siklus II mencapai 82,18%. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dari nilai tes siswa yang mencapai nilai KKM. Pada siklus I sebesar 62,50%. Pada siklus II meningkat sebesar 12,50% menjadi 75%. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Dari hasil wawancara juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas yang dirasakan siswa, dibuktikan dengan tanggapan -tanggapan yang diungkapkan oleh siswa, bahwa ada peningkatan yang lebih baik dalam proses pembelajar di kelas setelah diterapkannya metode pembelajaran aktif Index Card Match. Kata Kunci: Metode Index Card Match, Aktivitas, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 01:38
Last Modified: 29 Jan 2019 19:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14211

Actions (login required)

View Item View Item