Pengembangan Sumber Belajar Mandiri Berbasis Komputer pada Materi Pertumbuhan, Komposisi, dan Migrasi Penduduk Mata Pelajaran IPS Kelas VIII

PAMUNGKAS, ARIA (2014) Pengembangan Sumber Belajar Mandiri Berbasis Komputer pada Materi Pertumbuhan, Komposisi, dan Migrasi Penduduk Mata Pelajaran IPS Kelas VIII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi 10416240131 ARIA PAMUNGKAS.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan sumber belajar mandiri berbasis komputer pada materi pertumbuhan, komposisi, dan migrasi penduduk mata pelajaran IPS kelas VIII; 2) mengetahui kelayakan sumber belajar mandiri berbasis komputer pada materi pertumbuhan, komposisi, dan migrasi penduduk mata pelajaran IPS kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan melalui tahap: 1) perencanaan, 2) desain, 3) evaluasi, dan 4) produksi. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Subjek uji coba adalah seorang guru IPS dan 32 peserta didik SMP kelas VIII. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media serta lembar kuesioner untuk subjek uji coba oleh guru dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) sumber belajar mandiri berbasis komputer pada materi pertumbuhan, komposisi, dan migrasi penduduk mata pelajaran IPS kelas VIII dikembangkan melalui tahap perencanaan, desain, evaluasi, dan produksi; 2) sumber belajar mandiri berbasis komputer layak digunakan dalam pembelajaran IPS dengan skor penilaian oleh ahli materi sebesar 3,5 dengan kategori baik, skor penilaian ahli media sebesar 4,3 dengan kategori sangat baik, skor uji penggunaan oleh guru sebesar 3,23 dengan kategori cukup, skor rata-rata uji penggunaan terbatas oleh peserta didik sebesar 4,51 dengan kategori sangat baik, dan skor rata-rata uji pemakaian oleh peserta didik sebesar 4,24 dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Sumber Belajar Berbasis Komputer, Belajar Mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 01:31
Last Modified: 29 Jan 2019 19:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14203

Actions (login required)

View Item View Item