PENGARUH PEMBERIAN INITIAL KNOWLEDGE QUIZ (IKQ) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA

Fitriasih, Sandra Ria (2014) PENGARUH PEMBERIAN INITIAL KNOWLEDGE QUIZ (IKQ) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10303241018]Sandra Ria Fitriasih.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Initial Knowledge Quiz (IKQ) terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 112 siswa. Sampel penelitian berjumlah 53 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2) yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh berupa data pengetahuan awal kimia, data motivasi belajar kimia, serta data tes prestasi belajar kimia. Data ini kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan dalam hal motivasi belajar kimia antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan harga t0 (2,385) > ttabel (2,007) dan p (0,021) < 0,05 serta (2) tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar kimia antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik dengan harga F0 (2,926) < Ftabel (4,034) dan p (0,093) > 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Mar 2015 05:56
Last Modified: 29 Jan 2019 19:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item View Item