PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN RESIPROKAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Ahmad, Kiptiyah (2013) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN RESIPROKAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[09303244001]Kiptiyah Ahmad.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TGT dan resiprokal apabila pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitan ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain dua faktor dua sampel satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Muntilan berjumlah 257 orang dan terbagi dalam 8 kelas. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu 2 kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t dan analisis kovarian (anakova). Hasil penelitian menunjukkan (a) tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TGT dan resiprokal, (b) ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TGT dan resiprokal. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada model pembelajaran resiprokal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Mar 2015 05:56
Last Modified: 29 Jan 2019 19:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14172

Actions (login required)

View Item View Item