PERANAN KULTUR SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL PADA TAHUN AJARAN 2013/2014

Wahyu R, Riska (2014) PERANAN KULTUR SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL PADA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. skripsi (kover-dapus)10413244003 Riska Wahyu R.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

SMA Negeri 1 Sedayu Bantul merupakan salah satu sekolah menengah atas negeri di wilayah Kabupaten Bantul yang pada tahun ajaran 2013/2014 sudah melaksanakan Kurikulum 2013. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian mengenai peranan kultur sekolah dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul pada tahun ajaran 2013/2014 bertujuan untuk mengetahui kultur sekolah di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul, pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul pada tahun ajaran 2013/2014, dan peranan kultur sekolah dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian mengenai peranan kultur sekolah dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul pada tahun ajaran 2013/2014 menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Subyek penelitian pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, guru, karyawan, dan siswa SMA Negeri 1 Sedayu Bantul yang secara keseluruhan dipilih dan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data-data penelitian meliputi catatan lapangan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, peneliti menggunakan teknik triangulasi data untuk memvalidkan data-data penelitian yang diperoleh. Adapun model analisis data interaktif Miles dan Huberman digunakan oleh peneliti untuk menganalisis data-data penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa kultur sekolah yang sudah lama terbentuk di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul meliputi kultur religius, kultur bersahabat atau komunikatif, dan kultur peduli lingkungan. Kemudian, berkaitan dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul pada tahun ajaran 2013/2014, siswa-siswa di kelas reguler melaksanakan Kurikulum 2013 sesuai dengan Dokumen Kurikulum 2013, sedangkan siswa-siswa di kelas layanan cerdas istimewa (CI) mendapat eskalasi dari pihak sekolah, terutama dalam hal kedalaman materi pembelajaran dan ranah berpikir siswa. Selanjutnya, keberadaan kultur religius, kultur bersahabat atau komunikatif, dan kultur peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul, mampu mendukung pencapaian KI-1 berupa sikap spiritual dan KI-2 berupa sikap sosial sebagai bagian dari pelaksanaan Kurikulum 2013. Adapun peranan yang dimaksud yaitu mampu meningkatkan sikap religius dan sikap sosial para siswa. Kata Kunci : Kultur Sekolah, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Other
Ilmu Sosial > Sosiokultural
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 00:58
Last Modified: 29 Jan 2019 19:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14171

Actions (login required)

View Item View Item