PENDAPAT GURU TATA BOGA SMK NEGERI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TERHADAP KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI MAHASISWA S1 TEKNIK BOGA UNTUK MENGAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF TINGKAT DASAR

ASTUTI, ZULI (2015) PENDAPAT GURU TATA BOGA SMK NEGERI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TERHADAP KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI MAHASISWA S1 TEKNIK BOGA UNTUK MENGAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF TINGKAT DASAR. S1 thesis, Fakultas Teknik UNY.

[img]
Preview
Text
depan.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
instrument.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa S1 teknik boga untuk mengajar mata diklat produktif tingkat dasar dilihat dari pendapat Stakeholder dalam hal ini adalah guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan metode pengumpulan data dengan angket/kuesioner terbuka dan tertutup. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri di DIY mulai bulan Desember 2006 - Maret 2007. Populasi dari penelitian ini adalah Guru tata boga SMK Negeri di DIY, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah guru tata boga SMK Negeri di DIY yang mengajar mata diklat produktif tingkat dasar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Skoring menggunakan skor ideal dengan rentang nilai 1-4. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown. Analisis data secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah Kompetensi minimal dari kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa S1 teknik boga untuk mengajar mata diklat produktif tingkat dasar meliputi 89,49% kompetensi pedagogik, 87,92% kompetensi profesional, 92,22% kompetensi kepribadian dan 90,56% kompetensi sosial. Kompetensi pedagogik minimal yang harus dikuasai oleh mahasiswa S1 untuk mengajar mata diklat produktif tingkat dasar dari kompetensi yang disyaratkan yaitu pengetahuan kurikulum 94,85%, perencanaan pembelajaran 92,06%, pelaksanaan pembelajaran 91,91%, kemampuan mengevaluasi 90,32% serta penggunaan media dan sumber belajar 82,25%. Kompetensi profesional minimal yang harus dikuasai dari kompetensi yang disyaratkan yaitu kemampuan dalam mata diklat produktif tingkat dasar 88,99%, wawasan 79,17% dan keorganisasian 77,94%. Kompetensi kepribadian minimal yang harus dikuasai dari kompetensi yang disyaratkan yaitu penampilan 93,01% dan sikap/perilaku 92,13%. Kompetensi sosial minimal yang harus dikuasai dari kompetensi yang disyaratkan untuk mengajar yaitu komunikasi 90,76%, menghargai orang lain 90,69% dan kerjasama 89,71%. Kata kunci : Pendapat guru tata boga, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Boga
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT
Date Deposited: 25 Mar 2015 10:16
Last Modified: 25 Mar 2015 10:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14157

Actions (login required)

View Item View Item