KUALITAS PELAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI Studi Kasus Pelayanan Izin Gangguan (HO) di Kantor Pelayanan Perizinan Kabupaten Sleman

PRABANDARI, ARUM (2015) KUALITAS PELAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI Studi Kasus Pelayanan Izin Gangguan (HO) di Kantor Pelayanan Perizinan Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 11417141017 ARUM PRABANDARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum mengenai pemanfaatanteknologi informasi di Kantor Pelayanan Perizinan Kabuapten Sleman. Penelitian ini penting dilakukan untuk melihat apakah permaslahan yang ada dalam pelayanan perizinan HO menjadi lebih baik atau tidak dengan adanya teknologi informsari serta melihat faktor pendukung dan penghambat dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi dalam penylenggaraan perizinan HO berbasis teknologi informasi. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. karena permasalahan yang kompleks serta membutuhkan pengertian makna secara mendalam, sehingga perlu dilakukan wawancara, observasi maupun dokumentasi secara mendalam agar mampu mendapat data yang valid. Dalam penelitian ini, wawancara dan observasi dilakukan di Kantor Pelayanan Perizinan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berbasis teknologi informasi untuk izin HO belum baik. Pengukuran kualitas dilihat dari 3 indikator yatu transparansi, partisipasi dan efisiensi.Pelayanan berbasis teknologi informasi belum mampu menyajikan informasi yang akurat bagi masyarakat, partisipasi masyarakat dan petugas perizinan KPP Kabupaten Sleman juga belum maksimal dalam memanfaatkan teknologi yang ada serta pelayanan yang diharapkan akan menjadi lebih cepat dengan adanya teknologi informasi belum dapat terwujud. Faktor yang mendukung adanya pelayanan yang baik ini diantaranya adanya sarana dan prasarana yang memadahi. Sedangkan faktor penghambat adalah belum adanya komitmen yang kuat dari Pemerintah Kabupaten Sleman dalam memanfaatkan teknologi informasi secara penuh untuk melaksanakan pelayanan perizinan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Teknologi Informasi dan Izin Gangguan (HO)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 25 Mar 2015 07:01
Last Modified: 29 Jan 2019 19:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14122

Actions (login required)

View Item View Item