Kendala Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS dalam Mengembangkan Kompetensi Guru IPS SMP Kabupaten Sleman Tahun 2013/2014

Juanda, Ahmad (2015) Kendala Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS dalam Mengembangkan Kompetensi Guru IPS SMP Kabupaten Sleman Tahun 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 10416244038 Ahmad Juanda.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS dalam mengembangkan kompetensi profesional dan pedagogi guru IPS SMP di Kabupaten Sleman. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya yang harus dilakukan dalam mengantisipasi kendala MGMP IPS Kabupaten Sleman dalam mengembangkan kompetensi profesional dan pedagogi guru IPS SMP. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yakni: tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Dalam objek penelitian, peneliti memilih pengurus MGMP IPS Kabupaten Sleman yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara kemudian peneliti konfirmasikan data yang diperoleh ke beberapa anggota MGMP IPS Kabupaten Sleman. Hasil analisis dari observasi, wawancara, dan studi dokumen menunjukkan bahwa dalam kinerjanya MGMP IPS Kabupaten Sleman menemui beberapa kendala. Kendala-kendala yang dihadapi MGMP IPS Kabupaten Sleman antara lain kendala internal yaitu kurang aktifnya beberapa anggota maupun pengurus dalam mengikuti kegiatan-kegiatan serta adanya keterbatasan dana yang dimiliki sebagai penunjang program kerja pengembangan kompetensi profesional dan pedagogi guru IPS SMP. Untuk kendala eksternal dari MGMP IPS Kabupaten Sleman yaitu kurangnya dukungan dan koordinasi dari beberapa SMP di Kabupaten Sleman dengan pengurus MGMP IPS Kabupaten Sleman. Upaya mengatasi kendala yang dihadapi MGMP IPS Kabupaten Sleman dalam mengembangkan kompetensi profesional dan pedagogi guru IPS SMP antara lain dengan memaksimalkan komunikasi kepada seluruh anggota MGMP IPS Kabupaten Sleman serta memaksimalkan koordinasi antara pihak SMP atau bagian kurikulum dari setiap sekolah dengan pengurus. Selain itu untuk mengatasi kendala mengenai keterbatasan dana maka diperlukan pemberdayaan dana mandiri melalui iuran dari anggota dan pengurus serta pengajuan dana ke berbagai institusi yang berhubungan dengan pengembangan organisasi profesi guru. Kata Kunci: Kendala, Upaya, MGMP IPS, Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogi, Guru IPS SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 25 Mar 2015 04:01
Last Modified: 25 Mar 2015 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item