PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SQUARE DENGAN YANG MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DI SMP NEGERI 1 PANDAK

Sari, Dwi Aprilia (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SQUARE DENGAN YANG MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DI SMP NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
skripsi 10416244026 Dwi Aprilia Sari.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitianini dilatarbelakangikarena belum bervariasinya metode pembelajaran yang diterapkan guru dalammemfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaranIPS. Tujuanpenelitianiniuntuk mengetahuiperbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang menggunakan metode think pairsquaredengan yang menggunakanmetode snowball throwing dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMPNegeri1 Pandak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, melibatkan dua kelas yakni kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest,randomized group design. Sampelpenelitiandiambil dengan teknik random sampling. Populasi penelitian ini yaitu kelas VII SMPNegeri 1 Pandak, sedangkan sampelnyaVII H dan kelas VII F. Uji validitas instrumendalampenelitian ini dilakukan atas pendapat para ahli (expert judgement). Ujireliablitas instrumendihitung dengan menggunakanrumus Alpha Cronbach melalui program SPSSversi 16.00. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik independent-sample t-test terhadap gain score melalui program SPSSversi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaperbedaanyangsignifikan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPSkelas VII diSMPNegeri1 Pandakantara yang menggunakan metode think pair squaredenganyang menggunakan metode snowball throwing. Halini dilihat darihasil pengujian hipotesis datapretest-posttestmenunjukkan bahwa thitung 2,029> ttabel2,000 dan pengujian hipotesis data angket menunjukkan bahwa thitung 3,699> ttabel2,000 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima. Rata-ratakemampuan berpikir kritis siswaberdasarkan nilaiposttestkelas eksperimen 1 sebesar 75,71 dan kelas eksperimen 2 sebesar 66,92, sedangkanberdasarkan angket pada kelaseksperimen 1 sebesar 76% dan kelas eksperimen 2sebesar 66%. Atas dasar hal tersebut, kemampuan berpikir kritissiswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakanmetodethink pair squarelebih tinggidibandingkan dengan metodesnowball throwing. Kata kunci:metodethink pair square, metodesnowball throwing, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 25 Mar 2015 03:35
Last Modified: 25 Mar 2015 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14060

Actions (login required)

View Item View Item