PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA

Wahyu Ari, Sartono (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas pembelajaran siswa dibandingkan dengan metode Ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII di SMP N 16 Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang saja yang menjadi kendala dalam penerapan model Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 18 dan 25 September 2012. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek Penelitian melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (Experimental Group) dan kelompok kontrol (Control Group). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah control group pre test-post test design. Sampel yang digunakan adalah kelas VII SMP Negeri 16 ogyakarta dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Analisis yang digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan PBL lebih efektif dalam pembelajaran PKn di kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta, Pertama, analisis menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 2,307 dan 4,997 dan nilai signifikansi = 0,027 dan 0,000 < Level of Significant = 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan untuk meningkatkan aktivitas belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta. Kedua, disamping model Problem Based Learning lebih efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta ada faktor-faktor yang menjadi kendala dalam menjalankan model PBL. Kata kunci : Efektivitas, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 19:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14052

Actions (login required)

View Item View Item