KOMPARASI PENGGUNAAN COMPUTER-BASED TEST DAN PAPER-BASED TEST TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR HIDROKARBON UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013

-, Fitriyati (2013) KOMPARASI PENGGUNAAN COMPUTER-BASED TEST DAN PAPER-BASED TEST TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR HIDROKARBON UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[09303244015]Fitriyati.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan motivasi dan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan alat evaluasi berupa computer-based test (CBT) dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan alat evaluasi berupa paper-based test (PBT). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muntilan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 257 peserta didik yang terbagi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X-3 dan X-5 SMA Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2012/2013 yang diambil dengan metode purposive sampling. Paper-Based Test (PBT) dikenakan pada peserta didik kelas X-5 dan Computer-Based Test (CBT) atau permainan Who Wants To Be A Great Chemist? dikenakan pada peserta didik kelas X-3. Data motivasi belajar dianalisis dengan uji-t dan data prestasi belajar dianalisis dengan uji anakova. Berdasarkan data penelitian PBT memungkinkan peserta didik menjawab seluruh soal sedangkan CBT tidak karena apabila peserta didik tidak dapat menjawab soal maka permainan akan berakhir. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan Who Wants To Be A Great Chemist? tidak dapat digunakan sebagai alat evaluasi karena tidak mengukur apa yang seharusnya diukur.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Mar 2015 05:53
Last Modified: 26 Mar 2015 05:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14038

Actions (login required)

View Item View Item