HUBUNGAN ANTARA MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS KARANGMOJO III GUNUNGKIDUL

Faizun Noor, Rohmah (2015) HUBUNGAN ANTARA MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS KARANGMOJO III GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara membaca pemahaman dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas IV SD se-Gugus Karangmojo III Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Jenis desain penelitian ini termasuk penelitian ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-Gugus Karangmojo III Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul dengan jumlah 108 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel 85 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes yang sebelumnya telah diujicobakan terhadap 41 orang siswa untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Uji prasayarat analisis menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara membaca pemahaman dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas IV SD se-Gugus Karangmojo III Gunungkidul. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung (0,632)>rtabel (0,213) dengan nilai signifikansi (0,00) lebih kecil dari 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis tersebut berarti tingkat hubungan antara membaca pemahaman dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas IV SD se-Gugus Karangmojo III Gunungkidul termasuk dalam kategori cukup. Kata kunci: membaca pemahaman, kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:08
Last Modified: 29 Jan 2019 19:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14021

Actions (login required)

View Item View Item