PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP N 4 SLEMAN KABUPATEN SLEMAN

Dina Anika, Maharyani (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP N 4 SLEMAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Cover skripsi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan siap diujikan.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS di SMP N 4 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMP N 4 Sleman. Adapun dalam pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kerjasama peserta didik kelas VII B SMP N 4 Sleman. Hal tersebut terlihat dari peningkatan kerjasama berdasarkan hasil penilaian kerjasama yang terjadi pada setiap siklusnya. Hasil rata-rata kerjasama kelas pada siklus I yaitu sebesar 47, 22%, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 76, 35. Penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) juga dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata tes yang terjadi pada setiap siklusnya. Hasil belajar peserta didik yang mencapai nilai di atas KKM 75, pada siklus I sebanyak 23 peserta didik atau sebesar 63, 89%, pada siklus II meningkat sebanyak 29 peserta didik atau sebesar 80, 55%. Dengan demikian metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat digunakan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS kelas VII B SMP N 4 Sleman. Kata Kunci : STAD, kerjasama, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 01:15
Last Modified: 26 Mar 2015 01:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13956

Actions (login required)

View Item View Item