Dina Anika, Maharyani (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP N 4 SLEMAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Cover skripsi.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
Persetujuan siap diujikan.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS di SMP N 4 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMP N 4 Sleman. Adapun dalam pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kerjasama peserta didik kelas VII B SMP N 4 Sleman. Hal tersebut terlihat dari peningkatan kerjasama berdasarkan hasil penilaian kerjasama yang terjadi pada setiap siklusnya. Hasil rata-rata kerjasama kelas pada siklus I yaitu sebesar 47, 22%, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 76, 35. Penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) juga dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata tes yang terjadi pada setiap siklusnya. Hasil belajar peserta didik yang mencapai nilai di atas KKM 75, pada siklus I sebanyak 23 peserta didik atau sebesar 63, 89%, pada siklus II meningkat sebanyak 29 peserta didik atau sebesar 80, 55%. Dengan demikian metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat digunakan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS kelas VII B SMP N 4 Sleman. Kata Kunci : STAD, kerjasama, hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 26 Mar 2015 01:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13956 |
Actions (login required)
View Item |