UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SIKAP MENGHARGAI PENDAPAT ORANG LAIN MELALUI TEKNIK GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SAPTOSARI

Ika Candra, Nugraheni (2012) UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SIKAP MENGHARGAI PENDAPAT ORANG LAIN MELALUI TEKNIK GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SAPTOSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik Giving Questions and Getting Answer dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas VII C SMP Negeri 1 Saptosari, serta untuk mengetahui penerapan teknik Giving Questions and Getting Answer dapat meningkatkan sikap menghargai pendapat orang lain dalam pembelajaran IPS di kelas VII C SMP Negeri 1 Saptosari. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII C SMP di SMP N 1 Saptosari yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan satu siklus terdiri dari satu pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif dan perhitungan skor observasi dan angket. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode. Kriteria keberhasilan apabila aspek kemandirian belajar dan sikap menghargai pendapat orang lain mencapai 75%. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan teknik Giving Questions and Getting Answer dalam pembelajaran IPS kelas VII C di SMP N 1 Saptosari terbukti dapat meningkatkan kemandirian belajar. Adapun hasil observasi kemandirian belajar siklus I yaitu sebesar 68%, siklus II mengalami peningkatan sebesar 16% menjadi 84%. Sedangkan untuk hasil angket kemandirian belajar pra tindakan (66%), siklus I (72%), dan siklus II (86%). (2) Penerapan teknik Giving Questions and Getting Answer dalam pembelajaran IPS kelas VII C di SMP N 1 Saptosari terbukti dapat meningkatkan sikap menghargai pendapat orang lain. Adapun hasil observasi sikap menghargai pendapat orang lain siklus I sebesar 66%, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 17% menjadi 83%. Sedangkan untuk hasil angket sikap menghargai pendapat orang lain pra tindakan (63%), siklus I (70%), dan siklus II (83%). Kata Kunci: Giving Questions and Getting Answer, Kemandirian Belajar,Menghargai Pendapat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 01:14
Last Modified: 29 Jan 2019 19:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13941

Actions (login required)

View Item View Item