KONTRIBUSI PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SEMIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Listiyani, - (2014) KONTRIBUSI PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SEMIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kontribusi pelatihan terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Semin, kontribusi pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Semin, kontribusi pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Semin. Jumlah sampel sebanyak 131 guru. Pengambilan sampel secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Pengujian validitas instrumen dengan teknik korelasi product momen dan reliabilitas dengan rumus Cronbach’s Alpha. Uji asumsi yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji linieritas. Uji Hipotesis menggunakan analisis regresi ganda dan uji F. Hasil teknik analisis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara pelatihan terhadap profesionalisme guru, ditunjukkan dengan besarnya sig 0,009<0,05. 2) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru, ditunjukkan dengan besarnya sig 0,000<0,05. 3) Secara bersama-sama terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru, ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0.000<0.05. 4) Besarnya kontribusi pelatihan dan pengalaman mengajar secara parsial terhadap profesionalisme guru adalah 1,11% untuk pelatihan dan 19,59% untuk pengalaman mengajar. Sementara itu, kontribusi secara simultan adalah sebesar 20,7%. Kata-kata kunci: Pelatihan, Pengalaman Mengajar, Profesionalisme Guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:34
Last Modified: 29 Jan 2019 19:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13917

Actions (login required)

View Item View Item