PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN VEKTOR KELAS X DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Istikhomah, Novita (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN VEKTOR KELAS X DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Novita Istikhomah.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi berbasis scientific approach dan mengetahui jenis-jenis keterampilan yang dapat diukur menggunakan instrumen evaluasi berbasis scientific approach dalam pembelajaran penjumlahan vektor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan 4-D models yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), serta penyebarluasan (Disseminate). Adapun subjek penelitian untuk uji coba adalah peserta didik kelas X PMIIA-1 dan X PMIIA-2 di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Produk yang dikembangkan yaitu instrumen untuk evaluasi berbasis scientific approach. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar soal ulangan harian dan lembar observasi percobaan beserta rubrik penilaian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan instrumen yang dikembangkan pada evaluasi berbasis scientific approach dapat digunakan untuk mengukur aspek kognitif dan psikomotorik. Bentuk instrumen yang dihasilkan aspek kognitif meliputi soal ulangan harian dan aspek psikomotorik meliputi lembar observasi percobaan beserta rubrik penilaian. Jenis-jenis keterampilan yang dapat diukur pada aspek kognitif yaitu mengamati, menganalisis, mengkomunikasikan, menghitung dan memprediksi. Adapun keterampilan yang dapat diukur pada aspek psikomotorik yaitu mengamati, mencoba, menanya, mengkomunikasikan, dan menalar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: instrumen evaluasi, scientific approach, evaluasi psikomotorik, evaluasi kognitif, penjumlahan vektor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:32
Last Modified: 29 Jan 2019 19:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13908

Actions (login required)

View Item View Item