PENGEMBANGAN BULETIN FISIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON PADA SISWA SMA KELAS XI

Dwi Retnowati, Wahyuasih (2015) PENGEMBANGAN BULETIN FISIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON PADA SISWA SMA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyuasih Dwi Retnowati.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan buletin fisika yang layak digunakan untuk meningkatkan minat baca dan penguasaan materi hukum gravitasi newton pada siswa SMA kelas XI; (2) Mengetahui kriteria peningkatan minat baca dan penguasaan materi hukum gravitasi newton pada siswa SMA kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, diadaptasi dari model 4-D. Tahap define merupakan tahap awal dalam pengembangan media didasarkan pada kurikulum dan kebutuhan pembelajaran. Tahap design dilakukan pengumpulan referensi dan penentuan format buletin fisika. Pada tahap develop dilakukan validasi buletin fisika oleh validator ahli serta validator praktisi, uji coba ke-1, revisi uji coba ke-1,uji coba ke-2, dan revisi uji coba ke-2. Data kualitatif dijaring dari saran/komentar validator dan respon siswa terhadap media, data kuantitatif dijaring dari skor isian angket minat, angket respon siswa, dan nilai pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tahap disseminate dilakukan dengan cara sosialisasi media melalui pendistribusian dalam jumlah terbatas. Hasil pengembangan media buletin fisika dinyatakan valid dan dinilai baik menurut penilaian ahli dan praktisi. Respon siswa terhadap media termasuk dalam kategori penilaian “baik” pada uji coba ke-1 dan “sangat baik” pada uji coba ke-2. Media pembelajaran buletin fisika juga dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini dapat diketahui dari skor standart gain pada uji coba ke-1 yaitu sebesar 0,52 dengan kategori peningkatan “sedang” dan pada uji coba ke-2 sebesar 0,64, kategori peningkatan “tinggi”. Pencapaian minat baca pada uji coba ke-1 sebesar 3,41 dan uji coba ke-2 sebesar 3,55 , dari dua kelas ujicoba berada dalam kategori pencapaian “cukup”, sehingga penggunaan media buletin fisika dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat baca. Tahap disseminate dilaksanakan, dengan memberikan produk buletin fisika kepada guru fisika lainnya dan perpustakaan di SMA Negeri 1 Sleman sehingga produk dapat dimanfaatkan oleh guru maupun siswa dalam pembelajaran di kelas ataupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buletin Fisika, Minat Baca, Prestasi Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:21
Last Modified: 29 Jan 2019 19:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13861

Actions (login required)

View Item View Item