PENGEMBANGAN BLOG SUMBER BELAJAR IPS KELAS VII DENGAN TEMA INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN SOSIAL

PERTIWI, WULAN KURNIA (2015) PENGEMBANGAN BLOG SUMBER BELAJAR IPS KELAS VII DENGAN TEMA INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN SOSIAL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi 10416244040 WULAN KURNIA PERTIWI.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu kurangnya ketersediaan blog sumber belajar IPS yang sesuai untuk digunakan oleh siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan blog sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS dengan tema interaksi manusia dan lingkungan sosial untuk siswa SMP kelas VII, dan 2) mengetahui kelayakan blog sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS dengan tema interaksi manusia dan lingkungan sosial untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: 1) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, dan 4) validasi serta uji coba. Produk blog sumber belajar IPS divalidasi oleh ahli materi dan ahli sumber belajar. Uji coba dilakukan di SMPN 2 Depok, Sleman oleh 31 siswa kelas VII A. Data validasi terhadap aspek sahih (valid), tingkat kepentingan, kebermanfaatan, learnability, dan menarik minat diperoleh dari ahli materi; data validasi terhadap aspek usability, system navigasi, graphic design, contents, compatibility, loading time, functionality, accessibility, dan interactivity diperoleh dari ahli sumber belajar; dan data uji penggunaan sumber belajar diperoleh dari siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi dan ahli sumber belajar, pedoman wawancara siswa dan lembar observasi penggunaan produk oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penelitian menghasilkan blog sumber belajar IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan sosial. Blog ini dibuat menggunakan blogspot dengan alamat blog-belajarips.blogspot.com. Blog sumber belajar yang dihasilkan memuat beberapa komponen dalam pembelajaran seperti Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), materi IPS, evaluasi, dan profil pengembang serta didukung oleh beberapa tampilan berupa teks, gambar, dan video. 2) blog sumber belajar IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan sosial hasil pengembangan layak digunakan berdasarkan a) hasil validasi ahli materi sebesar 4,13 atau “baik”, b) hasil validasi ahli sumber belajar sebesar 4,60 atau “sangat baik”, dan c) hasil ujicoba oleh siswa yang memberikan tanggapan “baik”. Secara umum blog sumber belajar IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan sosial yang dikembangkan layak digunakan. Kata kunci: blog, sumber belajar, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 24 Mar 2015 04:40
Last Modified: 29 Jan 2019 19:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13853

Actions (login required)

View Item View Item