PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI DAERAH TRANSMIGRASI DESA SINDANGKASIH KECAMATAN RANOMEETO BARAT KABUPATEN KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Dwi, Aribowo (2015) PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI DAERAH TRANSMIGRASI DESA SINDANGKASIH KECAMATAN RANOMEETO BARAT KABUPATEN KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
dwi ariwibowo_08101244021.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan perkembangan pendidikan di Desa Sindangkasih dalam aspek: 1) kondisi pendidikan dilihat dari aspek sarana prasarana tahun 1968 awal transmigrasi di Desa Sindangkasih Kecamatan Ranomeeto Barat: 2) perkembangan pendidikan dilihat dari aspek peserta didik di Desa Sindangkasih Kecamatan Ranomeeto Barat: dan 3) perkembangan pendidikan dilihat dari aspek guru atau tenaga pengajar di Desa Sindangkasih Kecamatan Ranomeeto Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di Desa Sindangkasih Kecamatan Ranomeeto Barat. Sumber data penelitian adalah Kepala desa, kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kondisi sarana prasarana pendidikan Desa Sindangkasih pada tahun 1968 sarana pendidikan masih terfokus pada 2 sektor sarana pendidikan yaitu SD dan TK sampai tahun 2005 setelah masuk 2006 mulai dibangun SMP yang dibangun oleh pemerintah daerah: 2) kondisi peserta didik Desa Sindangkasih sebagian besar masyarakat tidak melanjutkan pendidikan selanjutnya ada beberapa faktor yang menyebabkan salah satunya ekonomi, alat transportasi dan SDM-nya itu sendiri: dan 3) Kondisi guru sekolah Desa Sindangkasih sebagian besar dari guru berlatar belakang pendidikan SPG (sekolah pendidikan guru) sampai tahun 1990 dan 2003 mulai masuk guru yang latar belakang pendidikan D-2 dan awal guru SD Sindangkasih berjumlah 3 orang guru. Kata Kunci: perkembangan pendidikan, Sarana prasarana pendidikan, Guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 19:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13815

Actions (login required)

View Item View Item