EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DI KELAS VII SMP N 1 TURI TAHUN AJARAN 2011/2012

Wisnu, Wahyudi (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DI KELAS VII SMP N 1 TURI TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PENGESAHAN.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I,.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB IV.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. LAMPIRAN 1.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah, dimana proses pembelajaran di sekolah kurang mendapat respon dari setiap peserta didik. Pada perubahan zaman sekarang proses belajar mengajar diharuskan mampu menarik siswa dan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga perlu diadakan suatu perubahan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran sejarah dengan model The Power of Two lebih efektif jika dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model The Power of Two. Penelitian kuasi eksperimen ini dilakukan di kelas VII SMP N 1 Turi pada semester pertama untuk tahun ajaran 2011/2012, dengan rancangan pretest-posttest control group design. Pretest digunakan untuk menyetarakan pengetahuan awal kedua kelompok sedangkan posttest digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik sampling yang dipakai adalah Purposive Sampling karena peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam pengambilan sampel. Satu kelas dipilih sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Hasil belajar diketahui dari nilai pretest-posttest yang ditelusuri dari tes. Teknik anlisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa, uji effect size untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji t-test dan uji effect size di peroleh nilai t hitung = 5.024 sedangkan nilai t tabel = 1.669 dengan df = 62 dan taraf kepercayaan 95% (taraf signifikansi 0.05. Dari nilai tersebut menunjukan bahwa t hitung > t tabel (95%, df = 62). Ini menunjukan adanya perbedan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran the power of two dengan yang menggunakan model konvensional. Sedangkan uji effect size menunjukan angka presentase yang tinggi. Berdasarkan perhitungan diperoleh effect size sebesar 1.07 atau sebesar 86% dengan kategori tinggi. Pembelajaran IPS materi sejarah menggunakan model pembelajaran the power of two memberikan pengaruh yang tinggi sehingga hasil belajar meningkat. Ini artinya, pembelajaran IPS meteri sejarah dengan menggunakan model pembelajaran the power of two efektif. Kata kunci : Model pembelajaran the power of two, efektivitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 00:30
Last Modified: 29 Jan 2019 19:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13778

Actions (login required)

View Item View Item