PENERAPAN MODELROTATING TRIO EXCHANGE (PERTUKARAN TRIO MEMUTAR) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI SEJARAH SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Hary, Ismawanto (2012) PENERAPAN MODELROTATING TRIO EXCHANGE (PERTUKARAN TRIO MEMUTAR) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI SEJARAH SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HARY.pdf

Download (364MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Rotating Trio Exchange (Pertukaran Trio Memutar) untuk meningkatan prestasi belajar IPS materi sejarah kelas IX A SMP Negeri 15 Yogyakarta serta hambatan dan dukungan dalam penerapan model Rotating Trio Exchange (Pertukaran Trio Memutar) di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan CAR (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan.Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Validitas data yang digunakan dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber data dan metode.Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (Pertukaran Trio Memutar) berjalan dengan baik dan setiap siklus memiliki perbedaan dalam pelaksanaan. Pada siklus I dikolaborasikan dengan pembagian bahan bacaan dan ceramah interaktif, siklus II dikolaborasikan dengan pembagian bahan bacaan, ceramah interaktif dan model Talking Stick, serta pada siklus III dikolaborasikan dengan pembagian bahan bacaan, ceramah interaktif dan model“Tebak Jawaban+Pemberian Hadiah”. Penerapan model ini mampu meningkatkan prestasi belajar IPS materi sejarah peserta didik.Pada siklus I prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16.47, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 18.00, pada siklus ke IIIterjadi peningkatan prestasi sebesar 39.16. Dapat dikatakan terjadi peningkatan prestasi hasil belajar IPS materi sejarah dari siklus I,II dan III selalu meningkat. Kendala dalam penerapan model ini yaitu siswa masih cenderung gaduh. Kelebihan model pembelajaran ini yaitu siswa dilatih untuk bisa berpikir kritis dengan masing-masing trionya, dan siswa bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dengan mengkolaborasikan model ini dengan media dan model pembelajaran yang lain sehingga prestasi siswa meningkat. Kata Kunci :Rotating Trio Exchange (Pertukaran Trio Memutar), Prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 00:29
Last Modified: 29 Jan 2019 19:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13755

Actions (login required)

View Item View Item