UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VII A SMP N 2 CANGKRINGAN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Utami, Wahyu (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VII A SMP N 2 CANGKRINGAN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi 10416244024 Wahyu Utami.swf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Cangkringan Sleman; 2) Untuk menjelaskan peningkatan minat belajar IPS dengan menggunakan metode resitasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Cangkringan Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau classroom action research dan mengacu pada model model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa SMP N 2 Cangkringan kelas VII A dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Untuk keabsahan data digunakan metode triangulasi. Kriteria keberhasilan tindakan ini adalah apabila rata-rata persentase indikator minat belajar siswa mencapai persentase di atas 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran mulai dari siklus 1 sampai siklus 2 mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Pembelajaran IPS lebih kondusif dengan diberikannya penugasan pada siswa dan dengan diskusi bersama teman satu meja terbukti dengan minat siswa yang semakin meningkat terlihat dari semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS, serta perhatian siswa terhadap materi yang dijelaskan oleh guru. 2) Minat belajar siswa bertambah terhadap pembelajaran IPS, terbukti dengan persentase peningkatan rata-rata indikator minat belajar sebesar 21, 43% dari siklus pertama sebesar 68% ke siklus kedua sebesar 89,43%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator minat belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%, sehingga penelitian dikatakan berhasil. Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Minat Belajar, Metode Resitasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 24 Mar 2015 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 19:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13743

Actions (login required)

View Item View Item