PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATERI PERKEMBANGAN KOLONIALISME BARAT DI INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

TRIYANTO, AGUS MARDIKA (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATERI PERKEMBANGAN KOLONIALISME BARAT DI INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI FULL AGUS MARDIKA TRIYANTO 10416241017.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran IPS berbantuan komputer pada materi perkembangan kolonialisme barat di Indonesia untuk siswa SMP kelas VIII; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran IPS berbantuan komputer pada materi kolonialisme barat di Indonesia untuk siswa SMP kelas VIII; 3) Mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap media pembelajaran IPS berbantuan komputer pada materi kolonialisme barat di Indonesia untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini tidak sampai pada tahapan produksi masal. Dalam penelitian ini, peneliti merupakan pengembang dari produk media pembelajaran IPS berbantuan komputer, sedangkan subyek uji coba penelitian adalah seorang guru dan 32 siswa SMP N 3 Depok kelas VIII. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar penilaian untuk validator dan kuisioner untuk melihat tanggapan siswa dan guru. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pengembangan media pembelajaran IPS berbantuan komputer pada materi perkembangan kolonialisme barat di Indonesia untuk siswa SMP kelas VIII dapat dilakukan dengan a) pengumpulan data meliputi pencarian potensi dan masalah; b) perencanaan produk; c) pengembangan produk meliputi pembuatan media secara keseluruhan menggunakan komputer; d) penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, serta uji coba lapangan. 2) media pembelajaran IPS berbantuan komputer layak digunakan dalam pembelajaran IPS. Hasil tersebut diperoleh dari validasi a) dosen ahli materi skor penilaian 4,00 dengan kategori Baik. b) dosen ahli media ahli media sebesar 3,7 dengan kategori Baik. 3) Media yang dikembangkan oleh peneliti mendapatkan tanggapan yang baik dari guru dan siswa: Hasil tersebut diperoleh dari data hasil a) uji coba terbatas oleh guru skor sebesar 4,1 dengan kategori baik; b) uji coba terbatas oleh siswa skor sebesar 3,58 dengan kategori baik; c) uji pemakaian oleh siswa skor sebesar 3,9 dengan kategori baik. Kata Kunci: IPS, Media Pembelajaran, Berbantuan Komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 24 Mar 2015 01:34
Last Modified: 29 Jan 2019 19:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13735

Actions (login required)

View Item View Item