EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

Indra, Wijayanto (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
INDRA WIJAYANTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui implementasi pembelajaran metode kooperatif tipe Numbered Heads Together; (2) Mengetahui sejauh mana efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah 56 siswa. Data diambil dengan instrumen test. Analisis data dilakukan dengan analisis parametrik. Hasil menunjukan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran metode kooperatif tipe Numbered Heads Together terdapat 3 tahap yaitu: tahap pertama adalah pra penelitian, dilakukan untuk membagi siswa menjadi kelompok heterogen. Tahap kedua pemberian treatment NHT. Tahap ketiga yaitu evaluasi, tahapan ini guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi; (2) Terdapat efektivitas hasil belajar pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together sebesar 0.80 termasuk dalam katagori tinggi, sedangkan menggunakan metode pembelajaran ceramah mempunyai nilai skor gain sebesar 0.62 termasuk dalam katagori sedang. Hasil uji t diperoleh thitung=4.759, ttabel=2.000 dan thitung>ttabel. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih meningkatkan hasil belajar K3. Kata kunci: Hasil belajar, kesehatan dan keselamatan kerja, Numbered Heads Together.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 24 Mar 2015 01:32
Last Modified: 29 Jan 2019 19:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13731

Actions (login required)

View Item View Item