DAMPAK SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU IPS SMP NEGERI KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO

Famuji, Teguh (2015) DAMPAK SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU IPS SMP NEGERI KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
PDF SKRIPSI 10416244012 FULL Teguh Famuji.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kinerja guru IPS sebelum mendapatkan sertifikat pendidik profesional; 2) kinerja guru IPS setelah mendapatkan sertifikat pendidik profesional; 3) peningkatan kinerja guru IPS setelah mendapatkan sertifikat pendidik profesional di SMP Negeri Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Lokasi penelitian yaitu SMPN 3 Purworejo, SMPN 5 Purworejo, SMPN 12 Purworejo, SMPN 13 Purworejo, SMPN 16 Purworejo. Subjek penelitian ini sebanyak 18 informan yang terdiri dari 12 guru IPS, 5 kepala sekolah dan 1 pengawas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahaan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kinerja guru IPS sebelum mendapatkan sertifikat pendidik profesional yaitu a) aspek perencanaan telah menyusun silabus dan RPP. Namun dalam penyusunannya masih ada guru yang menggunakan format lama dan terkesan tidak original (copy paste dari orang lain dan MGMP), b) aspek pelaksanaan pembelajaran, guru IPS masih menggunakan metode dan media yang terbatas, c) aspek evaluasi, guru telah menyusun rancangan penilaian dan menggunakan teknik penilaian seperti ulangan harian, ujian sekolah, dan ujian lisan. 2) Kinerja guru IPS setelah mendapatkan sertifikat pendidik profesional yaitu: a) aspek perencanaan, guru IPS telah menyusun silabus dan RPP dan lebih mampu mengembangkan bahan ajar dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK, b) aspek proses pembelajaran, guru IPS dalam menggunakan metode dan media pembelajaran menjadi lebih bervariatif dan menarik, c) aspek penilaian pembelajaran, guru IPS memanfaatkan teknologi dalam menyusun rancangan penilaian dan teknik penilaian yang mampu mengukur kemajuan belajar peserta didik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. 3) Peningkatan kinerja guru IPS setelah mendapatkan sertifikat pendidik profesional yaitu: a) aspek kegiatan pembelajaran, guru IPS dapat menyusun silabus dan RPP sesuai dengan ketentuan dalam kurikulum, guru menjadi lebih aktif dan mampu menyusun bahan ajar kelengkapan pembelajaran, b) aspek pengembangan diri, guru IPS menjadi lebih aktif mengikuti forum ilmiah seperti seminar, lokakarya dan sebagainya guna meningkatkan pengetahuan. Kata Kunci: Sertifikasi, Kinerja Guru IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 24 Mar 2015 01:27
Last Modified: 29 Jan 2019 19:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13726

Actions (login required)

View Item View Item