Implementasi Kebijakan Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Temanggung

Shofa, Fauzi Nur (2014) Implementasi Kebijakan Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Temanggung. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 09417141036 Fauzi Nur Shofa.swf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam penyelenggaraan pemerintahan atau E-Government di Kabupaten Temanggung. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi E-Government di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung, 2) Faktor-faktor apa yang menjadi penghambat dalam implementasi kebijakan?. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengujian kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi E-Government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung tidak berjalan dengan efektif. Dalam pelaksanaan terdapat beberapa faktor yang menghambat yaitu : (1) komunikasi yang kurang baik di antara pelaksana, (2) sumberdaya manusia dalam hal ini pelaksana dan tenaga ahli yang masih kurang, (3) kurangnya komitmen dari para pelaksana dalam melaksanakan kebijakan, (4) struktur birokrasi yang tumpang tindih antar pelaksana. Selain itu faktor lain yang menghambat proses implementasi E-Government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung adalah minimnya dukungan, dan tidak adanya pengawasan dari pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 24 Mar 2015 00:45
Last Modified: 29 Jan 2019 19:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13695

Actions (login required)

View Item View Item